ArabicEnglishIndonesian

Rapat Koordinasi Pengelolaan Jurnal dan Pengembangan Website Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Fakultas Teknik terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat. Salah satu langkah strategis dalam upaya ini adalah melalui rapat koordinasi yang dilaksanakan secara rutin. Rapat penting yang baru-baru ini diselenggarakan adalah Rapat Koordinasi Pengelolaan Jurnal dan Pengembangan Website Fakultas Teknik.

Rapat ini dihadiri oleh pimpinan fakultas, ketua program studi, editor jurnal, dan tim pengembangan website. Tujuan utama dari rapat ini adalah untuk membahas langkah-langkah konkret dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan jurnal ilmiah fakultas serta pengembangan website sebagai media informasi dan interaksi yang lebih baik.

Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Beberapa langkah konkret yang diusulkan melibatkan peningkatan seleksi artikel, peningkatan aksesibilitas jurnal, dan peningkatan promosi publikasi.

Peningkatan Seleksi Artikel: Diperlukan kriteria yang lebih ketat dalam memilih artikel untuk dipublikasikan. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan reviewer eksternal yang ahli di bidang masing-masing.

Aksesibilitas Jurnal: Upaya akan dilakukan untuk membuat jurnal lebih mudah diakses oleh mahasiswa, peneliti, dan masyarakat umum. Ini termasuk mempertimbangkan penerjemahan abstrak atau artikel ke dalam bahasa yang lebih umum dipahami.

Promosi Publikasi: Pemasaran jurnal perlu ditingkatkan. Ini mencakup penggunaan media sosial, kolaborasi dengan universitas lain, dan partisipasi dalam konferensi internasional.

Pengembangan Website

Selain itu, rapat juga mendiskusikan strategi untuk meningkatkan fungsionalitas dan kualitas website fakultas. Website dianggap sebagai salah satu sarana utama untuk menyampaikan informasi kepada mahasiswa, calon mahasiswa, dan masyarakat umum.

Pembaruan Konten: Tim pengembangan website akan memastikan bahwa informasi di website selalu terkini, termasuk informasi akademis, kegiatan mahasiswa, dan berita terbaru dari fakultas.

Interaktivitas: Pengembangan fitur interaktif akan menjadi fokus, seperti forum diskusi, formulir kontak, dan fitur komentar. Ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi antara mahasiswa, dosen, dan calon mahasiswa.

Desain Responsif: Penting untuk memastikan bahwa website dapat diakses dengan baik melalui berbagai perangkat, termasuk ponsel pintar dan tablet.

Melalui rapat ini, diharapkan langkah-langkah konkret dapat segera diimplementasikan untuk meningkatkan manajemen jurnal ilmiah dan pengembangan website fakultas. Dengan demikian, Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia dapat terus berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh stakeholder.

FT-UMI