ArabicEnglishIndonesian

Mencatat Siasat Warga tentang Mobilitas dan Transportasi: Webinar BaKTI Menghadirkan Dr. Ir. H. Mukhtar Thahir Syarkawi MT., ATU. sebagai Narasumber Utama

Pada tanggal 14 Desember 2023, Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) menggelar sebuah webinar berprestise yang mengupas tuntas isu-isu krusial seputar mobilitas dan transportasi di wilayah Indonesia. Dengan tema “Mencatat Siasat Warga tentang Mobilitas dan Transportasi,” webinar ini menghadirkan sejumlah narasumber ahli di bidangnya. Salah satu yang menarik perhatian adalah Dr. Ir. H. Mukhtar Thahir Syarkawi, MT., ATU, yang tak hanya menjabat sebagai Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan, tetapi juga Dekan Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia.

Kolaborasi Stakeholder Ciptakan Ekosistem Transportasi Berdimensi Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial (GESI):
Dalam webinar ini, Dr. Ir. H. Mukhtar Thahir Syarkawi memainkan peran penting sebagai narasumber utama. Materi yang beliau bawakan berjudul “Kolaborasi Stakeholder Ciptakan Ekosistem Transportasi Berdimensi Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial (GESI).”

Dalam paparannya, beliau membahas betapa pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak terkait, atau yang dikenal dengan istilah stakeholder, untuk menciptakan ekosistem transportasi yang lebih baik. Beliau menyoroti aspek kesetaraan gender dan inklusi sosial (GESI) dalam merancang dan mengelola sistem transportasi. Menurut beliau, sebuah sistem transportasi yang berdimensi GESI akan lebih mampu memberikan manfaat secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat, tanpa memandang jenis kelamin atau latar belakang sosial.

Pentingnya Kesetaraan Gender dalam Transportasi:
Dr. Ir. H. Mukhtar Thahir Syarkawi juga menyoroti peran perempuan dalam sistem transportasi. Ia menggarisbawahi bahwa perempuan seringkali menjadi kelompok yang rentan terhadap ketidaksetaraan dalam akses dan pemanfaatan transportasi. Oleh karena itu, beliau mendorong adanya peran aktif perempuan dalam pengambilan keputusan terkait dengan perencanaan dan implementasi proyek transportasi.

Inklusi Sosial sebagai Pilar Utama:
Dalam menyusun ekosistem transportasi yang inklusif, Dr. Ir. H. Mukhtar Thahir Syarkawi menekankan perlunya memahami dan memperhatikan kebutuhan masyarakat dengan beragam latar belakang. Inklusi sosial, menurutnya, harus menjadi pilar utama dalam perencanaan transportasi, sehingga semua warga dapat merasakan manfaatnya tanpa ada yang terpinggirkan.
Webinar ini menjadi wadah bagi peserta untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai sesi tanya jawab dan diskusi. Peserta webinar memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya langsung kepada Dr. Ir. H. Mukhtar Thahir Syarkawi, membagikan pandangan mereka, dan saling berbagi pengalaman terkait dengan mobilitas dan transportasi di wilayah mereka.

Webinar yang diadakan oleh BaKTI dengan tema “Mencatat Siasat Warga tentang Mobilitas dan Transportasi” menjadi sebuah langkah positif dalam menghadirkan perspektif-perspektif baru terkait dengan transportasi di wilayah Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan. Materi yang disampaikan oleh Dr. Ir. H. Mukhtar Thahir Syarkawi mengajak kita untuk lebih memahami pentingnya kolaborasi, kesetaraan gender, dan inklusi sosial dalam merancang sistem transportasi yang berkesinambungan dan merata. Webinar semacam ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pihak-pihak terkait untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas transportasi demi kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

FT-UMI