ArabicEnglishIndonesian

Diskusi Antara Dekan Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia dan Independen Commission for Aid Impact UK: Evaluasi Dampak Bantuan dan Pembangunan Kota Berkelanjutan di Indonesia

Dalam pertemuan ini, Dr. Ir. H. Mukhtar Thahir Syarkawi, MT.,ATU., yang tidak hanya seorang dekan tetapi juga Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan, membawa perspektifnya yang kaya tentang isu-isu pembangunan di Indonesia. Sebagai seorang pengamat yang berkomitmen pada pengembangan infrastruktur dan transportasi, beliau membawa wawasan yang bernilai tentang bagaimana bantuan dari Inggris dapat mempengaruhi sektor-sektor tersebut.

Diskusi membahas penilaian dampak dari bantuan yang telah diberikan oleh Inggris. ICAI, sebagai badan independen yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi efektivitas bantuan luar negeri dari pemerintah Inggris, menyajikan temuan-temuan mereka terkait program-program pembangunan di Indonesia. Pemahaman mendalam dari kedua pihak mengenai evaluasi ini menjadi landasan untuk menyusun rekomendasi dan perbaikan yang mungkin diperlukan.

Dr. Mukhtar membawa pandangan dari sudut pandang lokal, memberikan insight tentang bagaimana kebijakan dan proyek-proyek ini menghadapi tantangan di lapangan. Sebagai ketua masyarakat transportasi, beliau mungkin memberikan perspektif tentang bagaimana pembangunan kota berkelanjutan dapat terintegrasi dengan sistem transportasi yang efisien dan berkelanjutan.

Pembangunan kota berkelanjutan menjadi inti dari diskusi, dan para pihak sepakat bahwa keberlanjutan bukan hanya tentang infrastruktur fisik tetapi juga melibatkan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Keterlibatan Dr. Mukhtar sebagai pengamat lokal memberikan dimensi penting tentang bagaimana masyarakat setempat merespons dan berinteraksi dengan pembangunan ini.

Hasil dari diskusi ini diharapkan dapat membantu memandu langkah-langkah berikutnya dalam meningkatkan dampak positif dari bantuan luar negeri, khususnya dari Inggris, terhadap pembangunan kota berkelanjutan di Indonesia. Rekomendasi dan temuan yang dihasilkan dari pertemuan ini dapat menjadi pedoman bagi kedua belah pihak, serta pemerintah Indonesia, untuk lebih efektif dalam melibatkan masyarakat dan memastikan bahwa pembangunan berkelanjutan benar-benar menciptakan perubahan positif dalam jangka panjang.

FT-UMI