WR II UMI Raih Doktor Teknik Sipil

Wakil Rektor II Universitas Muslim Indonesaia (UMI) Makassar Ir. H. Iskandar BP, MSc berhasil memperoleh gelar Doktor dalam bidang Ilmu Teknik Sipil dengan predikat sangat memuaskan dan IPK 3, 95 bertempat di Auditorium Gedung M lantai 8 Kampus I Universitas Tarumanaga Jakarta Rabu (21/4), setelah mempertahankan Disertasinya yang berjudul “Formulasi Matematis Kerjasama Lapisan Komposit pada Sistim Perkerasan Jalan Raya Akibat Beban Dinamik” dihadapan Dewan Penguji Prof Dr Ir Wiratman Wangsadinata, Prof Ir Sofia W Alisyahbana, MSc, Ph.D, Prof Ir Chaidir Anwar Makarim, MSCE, Ph.D, Prof Roesdiman Soegiarso, MSc, Dr Ir Hanafi As’ad, MSc dan Dr Ir Hedy Rahadian, MSc dengan Promotor Utama Prof Ir Sofia W Alisyahbana, MSc. PhD dan Promotor Pendamping Dr Ir Hanafi As’ad. MSc. Doktor H Iskandar BP, MSc merupakan Doktor Ilmu Teknik Sipil yang ke 8 (delapan) pada Program Pascasarjana Tarumanagara.

Promosi Doktor Iskandar BP dihadiri Ketua Yayasan Wakaf UMI H Muh Mokhtar Noer Jaya, Rektor UMI Prof. Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA, Wakil Rektor IV UMI Prof Dr Ir H Abdul Makhsud, DEA. Beberapa pimpinan fakultas dan lembaga, dosen dan karyawan dalam lingkungan UMI yang berjumlah sekitar 150 orang.

Iskandar BP dalam disertasinya mengatakan Perkerasan adalah bagian yang sangat penting dalam rekayasa struktur jalan dan lapangan terbang di Indonesia. Sistim Perkerasan kaku yang dikenal di Indonesia adalah sistem perkerasan dimana lapisan di bawahnya hanya dianggap sebagai lapisan non struktural.

Menurut penelitian Iskandar yang dituangkan dalam disertasinya bahwa dalam sistim struktur perkerasan seperti perkerasan lentur, lapisan-lapisan dari perkerasan adalah bersifat stuktur dimana masing-masing lapisan menerima beban berdasarkan ketebalan dan posisi lapisan perkerasan. Dengan menggunakan sistem perkerasan komposif, tebal pelat beton dapat dapat digantikan dengan suatu tebal lapis pondasi yang komposit. Tegangan lentur perkerasan komposit makin besar dengan meningkatnya lendutan, dan tegangan geser yang terjadipada sistim perkerasan komposit adalah sangat kecil sehingga dapat diabaikan.

Menutut Promotor Utama Prof Ir Sofia W Alisyahbana, MSc, PhD Apa yang zsudah diteliti oleh Dr Iskandar merupakan konstribusi yang nyata dalam dunia teknik sipil, khususnya dalam desain sistem perkerasan Jalan raya, sistim perkerasan komposit mempunyai konstribusi yang besar untuk mereduksi tegangan dan terciptanYa efisiensi pada sistem pergerakan jalan raya,

Sementara Dekan Fakultas Teknik UMI Dr. Ir. Hanafi As’ad, MSc mengatakan, apa yang sudah diteliti oleh Dr Iskandar BP sangat besar manfaatnya dan sangat menyentuh problema perkerasan jalan raya secara nasional, karena saat ini orientasi dalam membangun perkerasan jalan sudah mengarah kepada apa yang sudah diteliti oleh Dr Iskandar.

Next Raker Fakultas Teknik Dibuka Wakil Rektor II UMI

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply