oleh

WD III FT UMI Paparkan Alasan Umat Islam harus Bershalawat kepada Rasulullah

MAKASSAR, FT.UMI.ac.id – Wakil Dekan III Fakultas Teknik (FT) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Dr Eng Kusno Kamil ST MEng kembali mengisi tausiah agama atau lebih sering disebut Kuliah tujuh menit (Kultum) usai salat zuhur berjamaah di Musala FT UMI dengan mengangkat tema “Bagaimana mencintai Rasulullah”, Senin (9/11/2020).

FT UMI
Wakil Dekan III FT UMI Dr Eng Kusno Kamil ST MEng mengisi kultum di Musala FT UMI, Senin (9/11/2020)

Di hadapan civitas academica, Kusno Kamil mengingatkan bahwa sebagai umat Islam kita harus bershalawat kepada Rasulullah. “Ada empat alasan mengapa kita harus mengingat dan berhsalawat kepada Rasulullah,” kata Kusno Kamil.

Pertama, Allah SWT berfirman, barang siapa bershalawat kepada Rasulullah satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali. “Ini berarti Allah mengampuni dosa dan mengabulkan permintaan hambanya,” kata Kusno Kamil.

Kedua, dengan bershalawat kita menghadirkan Rasulullah di alam kita. Sesuai dengan hadist Nabi, “Sesungguhnya tidak bershalawat dari umatku kecuali saya akan hadir pada saat itu untuk membalas shalawatmu”.

Ketiga, setiap Nabi mempunyai doa andalan dimana doa itu pasti akan dikabulkan oleh Allah. Rasulullah sendiri mempunyai doa andalan yang ia simpan untuk umatnya sebagai syafaat.

Kusno Kamil mengatakan, betapa besar cintanya Rasulullah kepada umatnya. “Bahkan saat pertemuan Rasulullah dengan sahabatnya, Rasulullah mengatakan orang yang membaca shalawat untukku, mencintaiku lebih dari mencintai dirinya sendiri, padahal mereka tidak pernah bertemu denganku, merekalah saudaraku. Itulah yang membuat Rasulullah mencintai umatnya,” paparnya.

Keempat, Rasulullah mempunyai akhlak yang sangat agung. “Sehingga tidak ada lagi yang lebih besar daripada akhlaknya Rasulullah,” tutupnya.

Komentar

News Feed