Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Lingkup Fakultas Teknik

Desa Sadar (kode wilayah desa :73.08.25.2005) berada dalam wilayah Kec. Tellu Limpoe Kabupaten  Bone Propinsi Sulawesi Selatan  yang terletak pada posisi 4°13′- 5°6′ LS dan antara 119°42′-120°30′ BT. Merupakan Desa Terpencil yang ada di Kab. Bone dengan Geagrafis diketinggian 650 m dari permukaan laut.

Debit aliran air rata-rata Q = 0,097 m3/s, dengan tinggi jatuh air 24 mtr, diperoleh daya turbin rata-rata yang dapat dibangkitkan 15,9 kW. Sehingga digunakan Generator Brulles dengan Daya Output 16 kVA..

Dengan Daya tersebut, distribusi kebutuhan energi listrik secara umum hanya dapat melayani beban rumah tangga sekitar 60 KK yang tersebar di du Dusun yang ada sekitar PLTMH.

Pengelolaan PLTMH melibatkan dukungan dan partisipasi aktif masyarakat setempat yang diwujudkan dalam bentuk Desa Mandiri Energi (DME) dan diharapkan masyarakat dapat mengoperasikan, memelihara dan mengawasi sendiri PLTMH secara berkelanjutan guna meningkatkan kegiatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Outca
me terpenting dari kegiatan ini adalah dijadikannya Desa Sadar sebagai Desa Binaan Universitas Muslim Indonesia Makassar, secara rutin para Dosen dalam Lingkup Fakultas Teknik melakukan penyuluhan seperti Manajemen pengelolaan Energi Listrik, Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan melalui penyuluhan penggunaan Kotoran Sapi menjadi Biogas serta Penyuluhan Sanitasi yang sehat dan ramah lingkungan.

 

Sumber Dana : Hibah Unggulan Nasional Disentralisasi No. 355/009/KL/2012 dan DIPA Kopertis No. 076/023-04-2.01/23/2012.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn