oleh

Pemilihan Dekan FT UMI

Lima kandidat bakal calon Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Muslim Indonesia (UMI), berebut kursi calon Dekan di Aula FT UMI, Jalan Urip Sumohardjo km.5 Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (15/2/2017).

Kandidat bakal calon Dekan yang ikut dalam kompetisi tersebut yaitu pada nomor urut satu Dr Ir H Sugianto MSi, nomor urut dua Dr Ir H Abd Karim Hadi MT, nomor urut tiga Ir Faisal Habib MT, nomor urut empat Ir H Mukhtar Thahir Syarkawi MT, dan nomor urut lima Ir H Winarno Arifin MT.

Proses pemilihan  diawali dengan pemaparan visi misi dan program kerja oleh para bakal calon dekan FT UMI, dilanjutkan dengan tata cara pemilihan dan melakukan pemungutan suara.

Kandidat nomor urut satu Dr Ir H Sugianto MSi dalam pemaparan visi misi dan program kerjanya bahwa memiliki visi Menjadikan Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia,  Sebagai Fakultas Unggulan di Indonesia Timur.

Sugianto menjelaskan,  bahwa untuk melakukan hal tersebut dilakukan lima misi. “Pertama Semua Prodi Terakreditasi A atau +A, kedua, tiap Program Studi (Prodi) paling  kurang memiliki tujuh Doktor dan guru besar tiap Prodi paling kurang tiga orang. Ketiga, semua Prodi pada Fakultas Teknik sudah buka Strata Dua (S.2) dan untuk Teknik Sipil sudah bisa buka program Strata Tiga, keempat kesejahteraan dosen ditingkatkan diluar dari gaji yang didapat dari UMI, kelima  Dosen yang Studi lanjut tapi tidak dapat beasiswa baik dari dikti maupun dari UMI, maka Dekan maupun pribadinya akan membantu dosen tersebut jika bidang ilmu yang diikuti sangat di butuhkan oleh prodi tersebut demi kemajuan fakultas”. Paparnya.

Dilokasi yang sama kandidat bakal calon dekan nomor urut dua Dr Ir H Abd Karim Hadi MT mengungkapkan, bahwa pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi dibidang rekayasan dan perencanaan, menuntut peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa. Dimana Fakultas Teknik UMI memiliki sumberdaya manusia yang sangat berkompetensi dibidangnya, namun hal tersebut belum diberdayakan secara dimaksimal. “Saya termotivasimenjadikan setiap prodi menghasilkan maha karya terapan berupa produk atau disain/model, melalui penelitian yang mendalam, yang dapat digunakan langsung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat”. Katanya.

Abd Karim menyampaikan bahwa dirinya termotivasi untuk meningkatkan kesejahteraan Dosen dan tenaga kependidikan di FT UMI, melalui tata kelola keuangan yang berbasis kepentingan bersama. Sehingga motivasi dan kesejahteraan dosen dan tenaga kependidikan dalam mengabdikan diri di FT UMI semakin meningkat.

Kandidat nomor urut tiga Ir Faisal Habib MT dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Tantangan bagi FT UMI ke depan yaitu  Menghadapi persaingan terbuka antar perguruan tinggi di kawasan ini khususnya bagi Fakultas Teknik UMI, tentu saja merupakan tantangan untuk senantiasa berbenah diri termasuk mengoptimalkan kinerja segenap sumber daya dalam lingkup Fakultas Teknik baik dosen maupun karyawan melalui pendekatan dan komunikasi yang baik, dibutuhkan figur pemimpin yang kaya ide, berkemauan keras untuk mewujudkan idenya, serta mampu membangkitkan motivasi segenap sumber daya manusia yang dimiliki Fakultas Teknik untuk berjuang bersama-sama memajukan fakultas.

Kandidat bakal calon Dekan dari kanan ke kiri, Dr Ir H Sugianto MSi, Dr Ir H Abd Karim Hadi MT, Ir Faisal Habib MT, Ir H Mukhtar Thahir Syarkawi MT, dan Ir H Winarno Arifin MT.

Ir H Mukhtar Thahir Syarkawi MT kandidat nomor urut empat, mejelaskan bahwa UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah punya peranan yang strategis dalam pembangunan bangsa peran tersebut harus dikembangkan secara berkesinambungan, sehingga lembaga ini dapat eksis ditengah kehidupan masyarakat yang semakin maju, modern dan mengglobal ini.

Mukhtar mengatakan Sebagai lembaga pendidikan, UMI punya peran dalam mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, potensi yang dimiliki oleh lembaga ini, harus diarahkan untuk mendukung segala aktifitas dan kehidupan dari civitas akademika.

“Sebagai lembaga dakwah manfaatnya harus dirasakan masyarakat civitas akademika UMI harus didorong terus menerus berkreasi dalam mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga terwujud lembaga yang termasyhur, berkelas dunia, yang dapat melahirkan manusia berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlakul karimah serta berdaya saing yang tinggi (visi misi UMI)” Katanya.

Kandidat nomor urut lima Ir H Winarno Arifin MT mejelaskan tujuan dalam mengelola fakultas teknik yaitu, Menjadikan Fakultas yang unggul dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tnggi yang bereputasi nasional dan internasional yang berbasis nilai-nilai Islam, Menjadi Fakultas dengan tata kelola yang baik (Good Faculty Governance) dengan  mengedepankan pengembangan dan mutu layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi, menghasikan sumber daya yang memiliki kopetensi skill dan berdaya saing tinggi. menghasilkan produk yang berbasis IPTEK dan IMTAQ agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan masyarakat, melakukan pengembangan kelembagaan melalui kerja sama antara perguruan tinggi dan/atau Badan lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri.

Komentar

News Feed