oleh

Laboratorium Mikrostruktur FT UMI Kini Memiliki Alat Energy Dispersive X-ray Spectrometer (EDS)

MAKASSAR, FT.UMI.ac.id – Laboratorium Mikrostruktur Fakultas Teknik (FT) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kini memiliki alat Energy Dispersive X-ray Spectrometer (EDS).

FT UMI
Sampel material benda uji.

EDS merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengetahui unsur yang terkandung pada sampel. EDS dapat dilakukan pada daerah yang kecil (titik), garis dan kotak. Selain itu, EDS dapat digunakan untuk mengetahui sebaran unsur (mapping) pada sampel.

FT UMI
Proses perekatan sampel material benda uji.

Ketika membutuhkan pengamatan menggunakan mikroskop dengan perbesaran yang lebih tinggi, EDS tersebut menjadi solusi. Seperti pada pengamatan mineral yang terlalu kecil atau memerlukan komposisi detail untuk menentukan nama mineral dari komposisi kimianya.

FT UMI
Proses pengujian sampel material.

Adapun kelebihan dari EDS adalah mampu melakukan analisa untuk sampel berukuran sangat kecil. Selain itu menghasilkan analisis cepat, murah dan tidak perlu menggunakan kalibrasi.

FT UMI

Alat EDS di Laboratorium Mikrostruktur FT UMI ini untuk melengkapi fasilitas laboratorium dan mendukung kegiatan penelitian, pengujian serta perancangan bagi mahasiswa dan peneliti.

Komentar

News Feed