oleh

HME FT UMI Gelar Webinar ‘Mobil Listrik Solusi atau Ilusi’ Hadirkan Alumni sebagai Pembicara

MAKASSAR, FT.UMI.ac.id – Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Fakultas Teknik (FT) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar seminar bertajuk “Mobil Listrik Solusi atau Ilusi” yang dilaksanakan secara daring, memanfaatkan aplikasi Zoom berbasis internet (webinar), Selasa (22/12/2020).

Dalam kegiatan tersebut, menghadirkan pembicara salah satu Alumni Elektro FT UMI Ir Masrah Marang, yang juga Direktur Utama Perusahaan Pembangunan dan Pengoperasian Bandung Champin City, dengan materi “Perkembangan dan Peluang serta Efektifnya Mobil Listrik di Indonesia”.

Ketua Prodi Teknik Elektro FT UMI Dr Ir H Arif Jaya MT

Selain itu, hadir sebagai pembicara, Inspektur Ketenagalistrikan Ahli Madya, Koordinator Kelayakan Teknik dan Keselamatan Ketenagalistrikan, Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, Didit Waskito ST MT, dengan materi “Fungsi Mahasiswa dalam Penelitian Mobil Listrik Indonesia”. Webinar dipandu oleh Moderator Dr Ir Hariani MT dan Sekretaris Prodi Teknik Elektro FT UMI Ir Salmiah MT.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dekan FT UMI Dr Ir H Mukhtar Thahir Syarkawi MT ATU, yang diwakili Wakil Dekan III FT UMI Dr Ir Kusno Kamil MEng, Ketua Prodi Teknik Elektro FT UMI Dr Ir H Arif Jaya MT, dosen, pengurus HME FT dan mahasiswa FT UMI.

Sambutan Wakil Dekan III FT UMI

Dalam sambutan pembukaannya, Dekan FT UMI yang diwakili Wakil Dekan III FT UMI menyampaikan apresiasi berbagai inovasi yang telah dilakukan mahasiswa Elektro FT UMI di masa pandemi ini.

“Kami pimpinan FT UMI sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa. Kami mengucapkan terima kasih kepada pemateri, serta apresiasi sebesar-besarnya kepada mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan ini. Semoga apa yang diperoleh nantinya dapat bermanfaat di dunia kerja ke depan,” tegasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini sangat strategis dan bermanfaat karena menunjang pembelajaran yang berlangsung di kampus. Selain itu, isu yang diangkat, merupakan isu terbaru yang dapat bermanfaat bagi pengembangan kurikulum dan pengembangan aktivitas pembelajaran di dalam kampus.

Webinar HME FT UMI bertajuk “Mobil Listrik Solusi atau Ilusi”, Selasa (22/12/2020).

Dr Kusno melanjutkan, ini sesuai konsep pembelajaran dari Mendikbud, Mas Nadiem sekarang ini yakni merdeka belajar. Dimana setiap perguruan tinggi diminta untuk menyesuaikan kurikulumnya, agar dapat bersinergi dengan konsep triple helix yakni pemerintah, industri, dan perguruan tinggi, harus senantiasa didukung.

“Maka, segala model pembelajaran, baik kurikulum maupun kegiatan ekstrakurikuler, diharapkan selaras dengan kebutuhan industri. Dan ini telah dibuat aturannya dalam konsep merdeka belajar,” ungkap Wakil Dekan III FT UMI.

Sinergi Program Merdeka Belajar

Untuk itu, Dr Kusno mengharapkan adanya konsistensi industri dalam memberikan ruang pembelajaran kepada mahasiswa dan interaksi dengan dunia pendidikan, agar model pembelajaran dalam merdeka belajar dapat berjalan.

“Modelnya yaitu, dimana dua semester mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar di luar kampus dengan berbagai macam model pembelajaran, baik itu magang maupun project pribadi yang berkaitan dengan kurikulum. Ataupun berbagai macam aktivitas berbentuk pengabdian berkaitan dengan ilmu yang telah dipelajarinya,” jelasnya.

“Jadi, ada beberapa kegiatan di luar kampus yang akan dikonversi ke dalam mata kuliah. Ini yang sangat kita butuhkan peran serta dan dukungan agar memberikan ruang kepada mahasiswa kita sehingga terjadi hubungan yang maksimal,” lanjutnya.

Dalam kegiatan webinar, pembicara, Ir Masrah Marang, menyatakan, mobil listrik yang dikembangkan merupakan kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Maka secara global, mobil listrik merupakan solusi masa depan.

Komentar

News Feed