oleh

Bingung Pilih Program Studi? Ini Dia 8 Keunggulan Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UMI

MAKASSAR, FT.UMI.ac.id – Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muslim Indonesia (UMI) menjadi salah satu program studi (Prodi) idola bagi calon mahasiswa baru. Terbukti, dalam lima tahun terakhir peminat mahasiswa baru di Prodi Teknik Sipil UMI meningkat. Hal itu diungkapkan Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Sipil UMI Dr Ir Andi Alifuddin ST MT IPM, Rabu (31/3/2021).

Selain itu, berbagai keunggulan yang dimiliki Prodi Teknik Sipil UMI menjadi alasan para mahasiswa baru untuk bergabung. Lalu, apa saja keunggulan yang dimiliki Prodi Teknik Sipil UMI?

Pertama, Prodi Teknik Sipil UMI konsisten menyediakan program studi yang aman dan nyaman, seperti interaksi di lingkungan akademi yang tercipta dengan baik. Selain itu, Prodi Teknik Sipil UMI selalu melakukan update perkembangan pendidikan seperti update kurikulum. “Prodi Teknik Sipil UMI terakreditasi “B”, namun saat ini kami dalam proses untuk meraih akreditasi Unggul, sehingga yang dikejar kualitas bukan kuantitas,” kata Andi Alifuddin.

Kedua, mahasiswa diberi kebebasan untuk menyalurkan bakatnya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di bawah institusi UMI dan fakultas itu sendiri. Prodi Teknik Sipil UMI telah melaunching Program Peningkatan Kompetensi Lulusan (P2KL) yang berbasis workshop dan pelatihan penguasaan aplikasi program. Yakni mahasiswa wajib menguasai minimal dua program aplikasi yaitu Autocad dan SketchUp yang memang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Selain dua program aplikasi tersebut, program lainnya yang wajib dikuasai mahasiswa adalah Civil 3D, SAP2000 sebagai usaha meningkatkan kompetensi dan softskill dalam analisis desain rekayasa konstruksi.

Mahasiswa juga dapat menyalurkan bakatnya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Program beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu maupun berprestasi juga banyak ditawarkan di Prodi Teknik Sipil UMI.

Ketiga, sistem pembelajaran di Prodi Teknik Sipil UMI sudah menerapkan sistem hybrid learning yakni pembelajaran melalui jarak jauh dan tatap muka. “Ini kami terapkan sebelum pandemi Covid-19, sehingga ketika pandemi pembelajaran menggunakan sistem daring kami tidak kaget karena sudah terbiasa dan semua berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Keempat, tenaga pengajar di Prodi Teknik Sipil UMI tak diragukan lagi. Kini, Prodi Teknik Sipil UMI memiliki 1 orang Guru Besar dan 50 orang dosen. “Dari 50 dosen, sebanyak 47% dengan kualifikasi doktor, dan dalam waktu dekat insya allah akan bertambah lagi 3 orang professor. Jadi bagi calon mahasiswa baru jangan ragu lagi mendaftar di Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UMI,” jelasnya.

Selain itu, dalam menunjang dan mendukung proses pembelajaran dan pelayanan akademik, Prodi Teknik Sipil UMI memiliki sarana perkuliahan sebanyak 16 ruangan dangan fasilitas yang lengkap dan AC serta ditunjang 6 laboratorium. Yaitu lab. struktur dan bahan, lab. mekanika tanah, lab. hidrolika, lab. bahan perkerasan jalan dan lab. transportasi. Ditambah lagi 3 lab. penunjang yaitu lab. fisika, lab. komputer dan 1 lab. multi disiplin yaitu microstruktur.

Kelima, untuk alumni, sebanyak 80% lulusan Prodi Teknik Sipil UMI terserap di dunia kerja sesuai dengan keilmuannya. Bahkan, Prodi Teknik Sipil mampu menghasilkan lulusan dalam jangka waktu 3 tahun 7 bulan.

Keenam, jaringan alumni di Prodi Teknik Sipil UMI juga sangat kuat, terbukti para alumni membuat perkumpulan dengan nama Persatuan Alumni Teknik Sipil (PATSI) UMI. Kontribusi alumni juga sangat baik. Yakni adanya kerja sama melalui workshop dalam rangka memberikan pembekalan kepada mahasiswa seperti pemenuhan softskill agar menjadi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Adanya PATSI UMI juga sangat membantu lulusan dengan memberikan jaminan kerja yang jelas. PATSI UMI memiliki peran baik di awal saat mahasiswa baru maupun di akhir saat mereka akan lulus. Dengan memberikan spirit agar mahasiswa memiliki gambaran ketika akan menjalani kuliah maupun usai menjadi sarjana.

Ketujuh, tak diragukan pula bahwa alumni teknik sipil telah banyak yang berhasil dalam dunia kerja baik skala nasional maupun internasional. “Alumni yang telah berhasil bahkan mendirikan perusahaan, mereka berkomitmen untuk menyerap tenaga kerja melalui lulusan Prodi Teknik Sipil UMI. Alumni wajib merekrut lulusan bekerja di perusahaannya sebagai bagian membina sarjana yang mandiri dan kreatif. Ini juga berkat jalinan baik yang dibangun oleh PATSI UMI,” tuturnya.

Bahkan, kata Andi Alifuddin, setelah yudisium sudah ada yang diminta untuk bekerja. “Sehingga fakultas tidak hanya sebagai penyalur akademik, tetapi juga penyalur tenaga kerja. Jadi, buat apa lagi ragu bergabung di Prodi Teknik Sipil UMI,” tandasnya.

Kedelapan, mahasiswa yang lulus tidak hanya menjadi sarjana profesional tetapi juga islami, sehingga alumni teknik sipil adalah alumni yang memiliki kemampuan softkill, inovatif, adaptif dan berdaya saing di berbagai level pekerjaan dalam konstruksi bidang rekayasa sipil.

Program MBKM Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UMI

Selain delapan keunggulan tersebut, Prodi Teknik Sipil UMI juga terus melakukan peningkatan. Seperti dalam rangka meningkatkan kualitas, ke depan akan diberlakukan uji kompetensi bagi para mahasiswa sebelum menjalani ujian kelulusan. Juga menerapkan metode pembelajaran yang mendukung program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Penerapan program MBKM, sebagai contoh mahasiswa yang mengikuti lomba PKM dan proposalnya dinyatakan lolos, maka keberhasilan tersebut dapat dikonversikan nilainya ke dalam mata kuliah penelitian, sehingga secara otomatis mahasiswa tersebut sudah lulus mata kuliah penelitian.

Contoh lagi, bagi mahasiswa yang melakukan magang dan mendapatkan nilai baik, maka tidak perlu membuat tugas akhir dan cukup membuat laporan saja. “Jadi ke depannya bagaimana sistem akademik lebih fleksibel dan mengikuti perkembangan,” ungkapnya.

Ke depan, Andi Alifuddin berharap kompetensi mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UMI dapat sesuai standar. “Oleh karena itu, sekali lagi jangan ragu kuliah di Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UMI. Ketika anda masuk, maka harapan anda menjadi teknokrat muslim akan tercapai,” pungkasnya.

Komentar

News Feed